IDEOLOGI FASISME

Fasisme adalah sebuah gerakan politik penindasan, nama fasisme berasal dari kata latin ‘fasces’ artinya kumpulan tangkai yang diikatkan kepada sebuah kapak, yang melambangkan pemerintahan di romawi kuno.
Fasisme sesungguhnya merupakan ideologi yang di bangun menurut hukum rimba, fasisme juga bertujuan membuat individu dan masyarakat berfikir dan bertindak seragam, untuk mencapai tujuan ini fasisme menggunakan kekuatan dan kekerasan bersama semua metode propaganda bahkan melakukan genocide (pemusnahan secara teratur terhadap suatu golongan atau bangsa).
Fasisme sebagai ideologi berkembang pada abad ke 20 ia menyebar dengan pesat di seluruh dunia pada perang dunia 1. Pemerintahan yang menganut idiologi fasisme dekat dengan kekerasan diktator dimana kekuatan yang brutal pertumpahan darah dan kekerasan menjadi hukum. Sampai di akhir perang dunia ke 2 ideologi fasisme menjadi salah satu malapetaka terbesar dalam sejarah umat manusia yang merenggut nyawa 55 juta orang.
Disaat sekarang ini tidak ada satu negarapun yang menyebut diri sebagai fasis atau secara terbuka mempraktikan fasisme, namun mungkin ada pemerintahan, kelompok atau partai politik yang mengikuti pola pola fasistik walaupun nama dan taktiknya telah berubah, mereka masih terus menimbulkan kesengsaraan serupa pada rakyat.
Prinsip mendasar di balik fasisme masakini adalah Darwinisme, yang dimunculkan seakan akan suatu teori ilmiah meski tidaklah demikian adanya, namun darwinisme yang menyatakan klaim klaim seperti “manusia adalah hewan yang telah berkembang sempurna” beberapa ras telah tertinggal dalam proses evolusi, dan melalui seleksi alam yang kuat akan bertahan dan yang lemah tersingkir telah menjadi sumber bagi banyak ideologi berbahaya sepanjang abad ke-20 terutama fasisme. Disamping itu kemerosotan kondisi sosial juga dapat membuat dukungan terhadap fasisme makin berkembang sehingga fasisme terus menerus menjadi ancaman bagi kemanusiaan.
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 gagasan untuk “IDEOLOGI FASISME

  1. Ping-balik: 2010 in review « SYAIR CINTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s